-->

Tehnik optimasi SEO On-page

Apa yang dimaksud On-Page Optimization? Beberapa sumber mendefinisikan, "On-Page Optimization adalah faktor-faktor yang mempengaruhi sebuah website atau halaman web di hasil pencarian atau search engine. Sedangkan pendapat yang lain mengatakan optimasi SEO On-page adalah langkah-langkah yang dapat diambil langsung dalam website dalam rangka meningkatkan posisinya di peringkat mesin pencari.

Sehingga bisa saya simpulkan On-page optimization dapat di definisikan "Apa pun yang Anda lakukan pada halaman web / website menggunakan tehnik SEO yang secara langsung atau tidak langsung untuk meningkatkan hasil pencarian pada SERP disebut On-page Optimization."

Trick On-Page OptimizationJika Anda mencari di Google tentang Teknik Optimasi On-page, Anda akan menemukan banyak sekali penjelasan dari berbagai situs dengan keterangan yang sama. Diantaranya tentang metode improvisasi meta tag / deskripsi, desain responsif , Fast loading halaman web, kepadatan kata kunci yang efektif , URL pendek dan mudah, optimasi gambar yang tepat, tag header dan lain-lain.

Hal tersebut di atas memang sangat penting dalam mengoptimalkan halaman web untuk peringkat tinggi di Google .
Tapi ...
Sekarang banyak yang telah berubah! Sekarang pada tahun 2019 ini ada beberapa tehnik lagi untuk SEO On-page yang tidak diketahui banyak orang. Hal-hal ini memang kurang dikenal tapi masih memiliki dampak besar untuk menaikkan posisi peringkat situs Anda di Google.

Pada tahun 2019 ini, yang perlu anda ketahui bukan hanya tentang berapa banyak lalu lintas/traffik yang bisa Anda bawa ke situs anda tetapi sebenarnya seberapa banyak Anda mampu mempertahankan pengujung untuk tetap berada pada situs blog anda.

Dengan berbagai cara dan tehnik, saya percaya sebagian besar blogger sudah tahu tentang tehnik SEO On-page yang akan saya bicarakan sekarang, jadi artikel ini sifatnya umum untuk blogger yang sudah berpengalaman maupun yang baru.

Tehnik optimasi SEO On-page yang akan saya bagikan disini tentunya tergantung pada kondisi blog anda saat ini, apakah anda sudah menggunakannya atau belum, dan bagi yang belum tentu anda bisa mencobanya untuk meningkatkan peringkat website atau blog anda.

1. Gunakan konten berupa video yang menarik.

Video adalah cara yang sangat mudah bagi sesorang untuk memahami sesuatu. Pikiran manusia lebih efektif untuk mengingat informasi berbentuk visual dibandingkan dengan teks.

Sekarang pertanyaannya, bagaimana cara sebuah video yang dimasukkan dalam halaman artikel dapat membantu Optimasi SEO On-page blog anda ?

Baiklah, sebelumnya pahami dulu, Kita semua tahu bahwa Google mencatat setiap informasi tentang pengguna. Informasi seperti alamat IP, negara, browser, posisi di mana pointer mouse bergerak pada halaman web, dan berapa banyak waktu yang dihabiskannya di situs web oleh seorang pengunjung.

Coba kita pelajari

Contoh # 1,
Misalkan Anda menulis artikel 1000 kata, 100 pembaca mengunjungi artikel itu dan membacanya selama 2 menit. Ini memberitahu kita bahwa rata-rata waktu yang dihabiskan oleh pembaca pada halaman web / artikel adalah 2 menit.

Sekarang kita bandingkan....

Contoh # 2
Jika Anda menanamkan video dengan durasi 3 menit, dan misalnya 10 pengunjung (dari 100 pengunjung) mau menonton video tersebut selama 2 menit.

Sekarang coba bayangkan, seandainya 100 pembaca menghabiskan waktu 2 menit untuk menonton video dan 2 menit lagi untuk membaca artikel 1000 kata, kira-kira berapa rata-rata mereka menghabiskan waktu untuk tetap berada pada halaman blog anda yang telah tertanam video di dalamnya? tentunya Mereka akan lama berada pada blog anda.

Keuntungannya...
Google akan mengetahui betapa pentingnya website anda di mata pembaca, di mana pengunjung rela menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk berada pada halaman blog atau web anda, dan kemudian akhirnya anda akan mendapatkan peringkat situs yang lebih tinggi dalam SERP.

Maka yakinlah, membuat konten dengan media video dan anda tempatkan di blog atau web anda, akan meningkatkan peringkat situs anda

2. Gunakan Navigasi artikel yang jelas

Apakah Anda pernah membaca beberapa artikeldi blog orang lain ? Apakah blog tersebut mudah untuk dipahami atau sangat sulit ?

Perhatikan semua posting blog yang ditulis dalam blog anda, apakah sudah mudah dipahami atau belum.

Menggunakan navigasi yang jelas dalam sebuah artikel akan memberitahu pengunjung bagaimana mudahnya membaca artikel anda. Anda harus tahu, Ada berbagai jenis pengguna internet mulai dari siswa sekolah dasar samapi yang sudah tua. Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang konsep ini, saya anjurkan anda untuk membaca artikel Wikipedia .

3. Membuat link internal

Jika kita berpikir sedikit mendalam, apa yang akan terjadi jika kita menambahkan link ke halaman web dari situs yang sama pada sidebar. Seperti website 'A' mempunyai sebuah link artikel pada sidebar nya. Tujuan link tersebut mengarah ke salah satu halaman yang lain pada web yang sama, maka metode inilah yang disebut  interlink dan Google 100% mendukung interlinking.

Dengan ini, Anda dapat menempatkan link ke sebuah artikel intern pada sidebar yang akan sangat membantu pengunjung sekaligus search engine menelusuri blog atau situs anda.

Jika anda bisa mengaitkan banyak link pada banyak artikel website anda yang lain maka anda telah membuat beberapa perubahan pada artikel tersebut. Kemudian dalam waktu seminggu lihatlah, traffik artikel yang akan meningkat dari bebarapa views / harinya akan menjadi ratusan views / hari, yang bisa mencapai 100%  peningkatan. Bukankah ini strategi yang mengagumkan?

Artinya sekarang yang harus Anda lakukan adalah membuat internal link di sidebar sebanyak-banyaknya yang menuju pada artikel lain di blog anda.


4. Komentar

Yang paling penting bagian yang harus dimiliki dari halaman web yang memiliki konten yang baik setelah posting blog itu sendiri adalah komentar.

Pembaca akan memberikan komentar pada posting blog, jika mereka benar-benar merasakan manfaatnya. Sebagian besar pengunjun memberi komentar dengan kata-kata yang singkat, tapi ada juga beberapa pembaca yang meninggalkan komentar dengan kalimat yang panjang, yang sangat penting untuk membangun kredibilitas blog anda.

Saya harap Anda tahu bahwa Google bot mampu membaca isi postingan blog anda serta komentar tentang artikel anda, dan juga dapat membedakan antara posting blog dan komentar. Posting blog dan komentar akan sangat membantu Google memahami konteks artikel.

Jadi apa yang dapat Anda lakukan ? Bagaimana cara menggunakan komentar untuk membantu memainkan peran penting dalam Optimasi SEO On-Page?

Jawaban, Tambah Keyword !

Pembaca Anda mungkin tidak menambahkan kata kunci dalam komentar mereka dengan keyword yang Anda targetkan, jadi inilah yang saya sarankan untuk Anda lakukan.

Gunakan setelan komentar di moderasi, setelah Anda memiliki beberapa komentar panjang atau berharga dari pembaca, sebaiknya ditahan dahulu, jangan langsung di publish, tambahkan satu atau dua kata kunci yang Anda targetkan dalam komentar itu.

Jangan melakukan hal-hal tidak ada hubungannya dengan keyword anda, tetapi menambahkan kata kunci sedemikian rupa sehingga akan terasa alami untuk setiap manusia. Cukup anda tambahkan kata kunci sekali atau dua kali dalam komentar dan membuatnya terlihat cantik alami.

Jika Anda tidak dapat membuat komentar tampak alami setelah Anda menambahkan kata kunci atau keyword, saya sarankan sebaiknya anda tidak melakukannya, karena memang bisa membuat pembaca yang telah menuliskan komentar merasa di manipulasi komentarnya, sekali lagi buatlah secara alami dan enak dibaca.

Dengan menggunakan teknik ini, anda akan  melihat hampir 30-40% peningkatan lalu lintas blog anda hanya untuk sebuah komentar artikel saja.

5. Judul Postingan yang menarik

Salah satu tehnik Optimasi SEO On-page yang bagus adalah memiliki judul postingan yang menarik di dalam blog. Mungkin sudah banyak yang mengetahui bahwa judul postingan sebaiknya maksimal mempunyai 70 karakter, mengapa demikian ?  karena Google hanya membaca 70 karakter pertama dalam judul posting saat pengindeksan.

Tapi ...

Apakah Anda tahu berapa banyak karakter judul posting yang benar-benar terlihat menarik oleh pengguna? Karena kita menulis artikel untuk manusia dan bukan untuk mesin bot google, hal ini sangat penting untuk memahami seberapa banyak sebenarnya manfaat konten kita yang dapat dipahami oleh manusia.

Untuk bisa melihat jumlah karakter judul postingan kita, anda bisa menggunakan SEO Moz , karena SEO Moz telah mengembangkan sebuah alat yang profesional, yang merupakan cara yang tepat untuk mengetahui setiap hasil pencarian yang dapat dilihat oleh pengguna.

Alat tersebut akan menampilkan judul yang sama dengan judul yang akan ditampilkan di Hasil Pencarian Google. Hal ini memungkinkan Anda menambahkan kata kunci dan membuat judul dengan kata kunci di dalamnya dan juga bisa melihat berapa banyak karakter akan ditampilkan di Hasil Pencarian Google.

Lalu apa yang harus anda lakukan dengan judul posting blog setelah Anda tahu berapa banyak karakter akan ditampilkan?

Jawabannya "Tempatkan kata kunci yang tepat dalam judul posting blog".

Dianjurkan dalam judul postingan terdapat kata kunci di awal atau setelah dua-tiga kata . Anda bisa menulis judul posting dalam dua cara yang berbeda, seperti :

  • Judul # 1 " Teknik Optimasi SEO On-Page atau
  • Judul # 2 " 5 Teknik baru Optimasi SEO On-Page"

Meskipun demikian, saya akan selalu menyarankan Anda untuk menulis judul posting sedemikian rupa sehingga pembaca Anda tertarik juga mengerti dan bukan untuk mesin pencari bot. Judul artikel Anda seperti iklan ke posting blog Anda, sehingga dengan membuatnya lebih menarik, maka semakin besar CTR yang dapat anda hasilkan.

Anda bisa menambahkan karakter seperti "Special " atau 'New' pada awal judul posting blog. Menambahkan karakter seperti itu bisa meningkatkan RKT dan biasanya pengunjung akan tertarik dan mengkliknya jika muncul pada halaman pertama.

Sebagian besar dari Anda mungkin tidak tahu, jika sebuah situs web mendapat CTR yang tinggi, maka Google secara otomatis meningkatkan posisi peringkatnya pada 3 sampai 4 tempat. Teknik ini bekerja hanya ketika artikel tersebut mempunyai peringkat dihalaman 1 Google.

Bukankah ini keren?
Kesimpulan...Semua dasar Tehnik optimasi SEO On-Page memang banyak, dan banyak yang sudah menyajikannya, tetapi saya akan mencoba memberikan artikel yang unik dan berharga tentang Optimasi On-Page untuk anda, yang mudah-mudahan akan membantu mengungguli pesaing Anda dengan menggunakan teknik-teknik yang jitu.
Saya akan merasa SANGAT senang jika Anda bisa mengambil manfaat dari postingan ini, serta mau memberikan komentar yang berharga di bawah ini. Salam sukses...

0 Response to "Tehnik optimasi SEO On-page"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Sesuai Dengan Topik Pembahasan,Komentar Spam Tidak Akan Muncul Sorry..!!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel