-->

Yang Wajib Dilakukan Setelah Install SSL ( HTTP Jadi HTTPS )

Bagi Para Blogger Peula Tentu Merasa Kebingungan Saat Baru Pertama Kali Merubah Blognya Dari http menjasi https,Hal Itu Pula Lah Yang Saya Rasakan Pada Saat Pertama Kali Merubah Url http ke https,Setelah Browsing Kesana Kemari Hingga Akhirnya Saya Menemukan Solusinya.Dan Alhasil Alhamdulillah Blog Saya Kembali Pulih Hanya Dalam Hitungan Beberapa Hari.

Install SSL ( HTTP Jadi HTTPS )

Hal Yang Harus Kita Ketahui Setelah Install SSL HTTPS Adalah Blog Kita Menjadi Turn Di Search Engine,Maka Dari Itu Ada Beberapa Hal Yang Wajib Kita Lakukan ,Karena Jika Kita Tidak Melakukan Tindakan Apapun Setelah Merubah Link Dari HTTP Menjadi HTTPS Maka Blog Kita Akan Terpurk Atau Akan Memburk Di Search engine,Maka Dari Itu Perlu Ada Tindakan Yang Dapat Membuat Blog Kita Kembali Di Papan Atas Search Engine.

Apasih Keuntungan Https Di Search Engine Sehingga Kita Harus Merubah Url Kita Dari Http Menjadi Https ? Pertanyaan Itu Pasti Muncul Di Benak Anda,Mungkin Awalnya Anda Juga Ragu Merubah http menjadi https / Instal Sertifikat SSL.Karena Pada Status Blog Anda Saat Ini Yang Notabene Untuk Ranking Cukup Bagus,dan Seo Blog Anda Juga Terbilang Bagus,Sehingga Menimbulkan Kekhawtiran Diri Anda Untuk Merubahnya,Ketakutan Anda Akan Pengaruh Dari Merubah HTTP Jadi HTTPS.

Tenang Saja Sob Pada Dasarnya Memang Dibenarkan Setelah Kita Melakukan Perubahan Namun Itu Hanya Berlangsung Sementara,Karena Perubahan Yang Kita Lakukan Adalah Demi Kebaikan Blog Kita,Banyak Yang Bilang Dengan Merubah Link URL Dari http menjadi http Adalah Suatu Tindakan Untuk Menaikan Kelas Blog Kita.

Apakah Blog Memiliki Kelas Kelas Seperti Kelas Pada Sekolahan Umumnya..? Tidak Gan Namun Kelas Disini Adalah Dimana Blog Itu Sudah Ber Sertifikat Atau Belum Bersertifikat. Lalu Apakah Sertifikat SSL Itu Penting..? Hal Ini Susah Untuk Di Jawab ,Namun Berdasarkan Analisa Hal Itu Jelas Penting.

Sebagai Contoh:
Yang Wajib Dilakukan Setelah Install SSL ( HTTP Jadi HTTPS )
Silahkan Anda Lihat Situs Situs Raksasa Seperti Google,Facebook,youtube dll Disitu Jelas Terlihat Bahwa Icon Gembok Terpampang Yang Menandakan Situs Tersebut Sudak Bersertifikat.Oh Iya Sampai Lupa Disinikan Kita Sedang Membahas Mengenai Hal-hal Yang Wajib Dilakukan Setelah Install Sertifikat SSL Yach Kenapa Malah Jadi Ngantur Kemana mana...Tapi Setidaknya Itu Jadi Tambahan Pengetahuan Alias Bonus hehhe...

Bagi Yang Belum Install Sertifikat SSL Silahkan Lakukan Terlebih Dahulu,Jika Ada Yang Belum Mengetahui Caranya, Silahkan Silahkan Anda Buka Di Halaman Ini : Cara Install Sertifikat SSL HTTPS

Baik Langsung Saja Kita Ke Pokok Pembahasan Kita Kali Ini Yaitu Mengenai Tindakan Yang Harus Dilakukan Setelah Install SSL Sertifikat HTTPS Agar Blog Kembali Ke Halaman Utama Pencarian.

Yang Harus Dilakukan Setelah Install Sertifikat SSL di Blog Custome Domain :
Bagi Anda Yang Baru Saja Menginstall SSL Sertifikat Di Blog Custome Domain Silahkan Simak,Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Install Sertifikat SSL Di Blog.

1. Verifikasi Ulang Blog Anda

Langkah Yang Pertama Setelah Kita Install SLL Sertifikat Adalah Melakukan Verifikasi Ulang Kepemilikan Kita Di Search Console dan Juga Di Bing,Saya Rasa Anda Sudah Mengetahuinya Mengenai Cara Verifikasi Blog Anda,Karena Anda Sudah Pada Tahapan Yang Jauh Hingga Akhirnya Anda Harus Install SSL,Maka Dari Itu Saya Tidak Jabarkan Mengenai Cara Verifikasinya,Namun Anda Dapat Mencari Cara Verifikasi Blog Di Pencarian Blog Saya ,Atau Anda Bisa Cari Di Halaman Mabh Google.

Hal Ini Dilakukan Agar Blog Baru Anda Dapat Terindeks Oleh Mesin Pencari,Lakukan Verifikasi Ulang Dimana Anda Telah Memverifikasi Blog Anda,Saat Anda Pertama Kali Verifikasi Blog.

2. Custome Robot.TXT

Setelah Anda Melkukan Verifikasi Ulang Anda Juga Dapat Melakukan Custome Robot.txt,Jika Sebelumnya Anda Sudah Atau Belum Custome Robot.TXT Silahkan Anda Ganti Custome Robot txt Anda Menjadi Sebagai Berikut :

User-agent: Mediapartners-Google Disallow: User-agent: * Disallow: /search Allow: / Sitemap: https://www.domain.com/sitemap.xml

Keterangan:
Untuk Sitemap Silahkan Isikan Alamat ( URL ) Blog Anda Saat Ini Yang Baru Saja Anda Instal SSL Lengkap Beserta www.
Mengganti Robot txt tersebut Bertjuan Untuk Membuat Mesin Pencari Mengindeks Menggunakan https.Jika Sebelumnya Anda Sudah Edit Robot.txt Maka Anda Hanya Perlu Mengubah HTTP Menjadi HTTPS.

3. Edit Themplate

Kenapa Edit Themplate Ini Penting Dilakukan Setelah Instal SLL..? Hal Ini Adalah Untuk Mengganti Url Yang Masih Menggunakan http dan Kita Edit Url Tersebut Menjadi https.Karena Jika Dalam Themplate Kita Masih Mengandung URL Yang Menggunakan HTTP Maka Biasanya Untuk Icon Gembok Tidak Muncul Pada Sebelah url post anda Atauar Masih Bisa Dibilang Blog Anda Itu Aman Atau Tidak Aman Untuk Dikunjungi,Karena Belum Muncul Icon Gembok Berwna Hijau. 

Untuk Mempermudah Pengeditan Kita Gunakan Notepad : 
  • Pertama tama Anda Masuk Ke Edit Themplate Blog ,Kemudian HTML ,Pada HTML Themplate Blog Anda Silahkan Anda Copy Untuk Lebih Mudah Gunakan Ctrl + A Lalu Ctrl + C
  • Kemudian Buka Notepad Lalu Paste Kode Yang Anda Copy Tadi DI Notepad.Kemudian Pada Notepad Klik edit Anda Lihat Pada Sebelah Kiri Atas Notepad Disitu Ada Beberapa Pilihan,Anda Pilih Edit dan Pili Replace

Yang Wajib Dilakukan Setelah Install SSL
  • Kemudian Pada Kolom Fine what Ketikkan http:// dan Pada Kolom Replace With Ketikkan https:// Lalu Pilih Replace All 
    Wajib Dilakukan Setelah Install SSL ( HTTP Jadi HTTPS )
  • Jika Sudah Replace All Di Notepad Tadi Kemudian Copy Semua Lalu Kembali Ke Blog dan Paste Yang Sudah Anda Replace dan Copy Tadi Di Themplate Blog Anda. 
    Setelah Install SSL ( HTTP Jadi HTTPS )
  • Sekarang Save Themplate Blog Anda,Sekarang Coba Anda Buka Blog Anda Maka Saya Yakin Link Url Blog Anda Sudah Menjadi https dan disampingnya Terdapat Icon Gembok Berwarna Hijau. 
    Yang Wajib Dilakukan Setelah Install SSL ( HTTP Jadi HTTPS )

4. Submit Ulang Blog Anda

Selanjutnya Hal Yang Harus Anda Lakukan Setelah Install SSL Adalah Submit Ulang Sitemap Anda Ke Mesin Pencari Seperti Google dan Bing,Yang mana Blog Yang Sebelum Anda Install SSL Adalah Dengan Menggunakan Domain http://domain.com Maka Setelah Install SSL Submit Ulang Sitmap Anda Menjadi https://domain.com Agar Blog Anda Terbaca Oleh Mesin Pencari Dengan SSL.

5. Daftar Ulang Google Analystics

Daftar Ulang Blog Anda Ke Google Analystics Menggunakan https://domain.com Agar Analystics Bisa Merekam Aktifitas Di Blog Anda.Jangan Lupa Untuk Mengganti Code Analystics Blog Anda Dengan Code Analystics Yang Baru.

6. Edit Artikel Anda 

Edit Artikel Anda..Apakah Edit Artikel Setelah Install SSL Itu Perlu Dilakukan ..? Antara Perlu Atau Tidak Perlu Menurt Saya Pribadi Hal Ini Masih Meragukan,Namun Apa Salahnya Kita Edit Artikel Kita Yang Sudah Lama Terposting Menjadi Artikel Yang Fresh,Karena Tentunya Sebelum Anda Install SLL Masih Banyak Artikel Kita Yang Menggunakan http://domain.com ,Sedangkan Sekarang Ini Posisi Blog Anda Adalah Menggunakan https://domain.com. Jadi Menurut Saya Ini Adalah Hal Yang Perlu Kita Lakukan Karena Dengan Begitu Artikel Kita Akan Menyesuaikan Dengan Alamat URL Kita Yang Sekarang Sudah Terinstall SSL.



0 Response to "Yang Wajib Dilakukan Setelah Install SSL ( HTTP Jadi HTTPS )"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Sesuai Dengan Topik Pembahasan,Komentar Spam Tidak Akan Muncul Sorry..!!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel