Cara Custome Domain Blogspot Di Niagahoster - MasterAds

Thursday, March 15, 2018

Cara Custome Domain Blogspot Di Niagahoster

Untuk Anda yang baru pertama kali membuat blog, Blogger mungkin menjadi pilihan yang bagus. Membuat blog di Blogger sangat cepat dan mudah karena Anda hanya memerlukan akun Google saja. Selain itu Blogger juga dibackup oleh server Google, dan yang jelas gratis.

Blog yang dibuat di Blogger (Blogspot) dapat dikenali dengan mudah karena memiliki ekstensi .blogspot.com. Namun Blogger juga menyediakan fitur agar Anda dapat menggunakan nama domain Anda sendiri. Jadi, alih-alih memiliki URL namadomain.blogspot.com, Anda bisa memiliki URL namadomain.com. Lebih keren bukan?

Dengan menggunakan custom domain di Blogger, Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan seperti:
  • Tampil beda dengan blog Blogger lainnya. Jadi meskipun sama-sama menggunakan hosting dari Blogger Anda tidak memiliki nama domain dengan ekstensi .blogspot.com.

  • Memiliki kredibilitas lebih. Tidak hanya dengan Blogger, dibandingkan dengan situs gratisan manapun, menggunakan nama domain sendiri akan membuat level kepercayaan pengunjung meningkat.

  • Brand awareness. Bila Anda memiliki usaha sendiri dan ingin memasarkan brand Anda di internet, pilihan yang bijak adalah dengan menggunakan nama domain yang sesuai dengan brand yang Anda miliki. Bila Anda menggunakan nama domain gratisan, pengunjung mungkin tidak akan menganggap Anda serius.
Cara Custome Domain Di Niagahost,Pastikan Anda Sudah Memiliki Nama Domain Sendiri,Untuk Cara Membeli Domain Di Niaga Host,Sudah Pernah Saya Share Silahkan Anda Cari Di Blog Ini.

Cara Custom Domain / Upgrade Domain Dari Blogspot.com Menjadi Domain.com:
  1. Masuk terlebih dahulu ke situs blogger.com dan pilih blog yang ingin Anda ubah Menjadi Custome Domain
  2. Setelah itu, masuk ke menu Setelan => Dasar dan lihat pada bagian publikasi. Klik tautan Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda.Lihat Gambar Dibawah ini: 
  3. Setelah itu, masukan nama domain yang tadi sudah kita daftarkan. Jangan lupa untuk menuliskan juga ‘www’ di depan nama domain tersebut. 
    Custome Domain Blogspot
  4. Sampai tahap ini, penggunaan custom domain akan gagal dan akan muncul pesan error. Namun jangan khawatir, langkah ini penting karena kita akan membutuhkan data CNAME yang ada pada pesan error tersebut.
    Cara Upgrade Domain Di Niagahoster
  5. CNAME terdiri dari dua token yang berisi Bidang Nama, Label, atau Host serta Bidang Tujuan, Target, atau Mengarah.
  6. CNAME pertama sama untuk semua orang yang biasanya berisi Nama ‘www’ dan Tujuan ‘ghs.google.com’. Sedangkan CNAME kedua merupakan kode unik khusus untuk blog dan akun Google Anda.Catat kedua CNAME tersebut karena kita akan membutuhkannya nanti.
  7. Setelah mendapatkan data CNAME, masuk ke panel Niagahoster dan login dengan akun kamu.
  8. Kemudian pilih menu Hosting & Domain => DNS Management. Perhatikan bagian bawah, salin DNS terlebih dahulu ke Name Server.
    Cara Ganti Domain Blogspot
  9. Bila sudah maka hasilnya akan seperti ini: 
    Cara Aktifkan Domain Blogspot
  10. Kemudian kembali lagi ke menu DNS Management, kali ini kita akan memasukan dua CNAME yang kita dapatkan dari Blogger dan empat IP Google (A-Records).

    Untuk memasukan CNAME, klik tombol Add New Record dan isi data sebagai berikut:
    • Record Type – CName
    • Domain – Token yang ada pada Bagian Nama, Label, atau Host
    • Hostname – Token yang ada pada bagian Tujuan, Target, atau Mengarah
    • TTL – Gunakan isian default 14400 
      Cara Menghubungkan Domain Blogspot

    Sedangkan untuk memasukan A-Record, klik tombol Add New Record dan masukan data berikut: Record Type – A Record Domain – isi dengan simbol ‘@’ (tanpa tanda kutip!) Hostname – Arahkan ke empat IP Google berikut:
    • 216.239.32.21
    • 216.239.34.21
    • 216.239.36.21
    • 216.239.38.21 
      Cara hubungkan Domain Di Niagahoster

    TTL
    – Gunakan isian default 14400
  11. Setelah semua selesai diinput, maka tampilan menu DNS Management akan menjadi seperti berikut: 
    Menghubungkan Domain Di Niagahoster
  12. Setelah semua proses pengaturan DNS selesai, saatnya kita kembali ke dashboard Blogger.
  13. Masuk kembali ke menu Setelan » Dasar dan tambahkan custom domain seperti cara sebelumnya.
  14. Bila Anda berhasil, maka pesan error yang sebelumnya muncul akan hilang. Centang opsi Alihkan ‘namadomain.com’ ke www.namadomain,com, lalu Simpan.

Untuk menggunakan nama domain, ada baiknya bila Anda menggunakannya sejak awal, dengan begitu Anda tidak perlu repot ketika harus pindah dari nama domain Blogger.Kesulitan-kesulitan yang bisa Anda temui ketika beralih ke custom domain antara lain harus mengatur Google Analytics, Google Search Console, sampai Sitemap dari awal lagi.

Selain itu Anda juga harus mengupdate nama domain yang baru ke semua akun sosmed yang Anda gunakan dan mempromosikannya supaya pengunjung tidak kebingungan.Dan hal yang paling penting adalah adanya potensi kehilangan nilai Domain Authority yang sudah Anda bangun menggunakan nama domain yang lama.

Nah, sekarang proses setting domain anda dari niagahoster ke blogger.com sudah selesai. Silahkan anda coba buka domain tersebut di tab baru web browser anda. Kalau belum bisa dibuka tunggu beberapa menit lagi sampai proses propagasi domain anda selesai.

Untuk memastikan bahwa pengunjung blog anda merasa aman berselancar di blog anda dan agar tingkat kepercayaan mesin pencari meningkat, saya sarankan untuk mengaktifkan sertifikat SSL untuk domain anda. Ketika anda mengaktifkan sertifikat SSL maka HTTP di domain anda harus anda ubah menjadi HTTPS. Panduannya silahkan anda pelajari di panduan Cara Mengaktifkan HTTPS untuk Custom Domain di Blogger.com.

Demikian adalah Cara Custome domain di Niagahost Semoga Bermanfaat,Jika Anda Mengalami Kendala, Silahkan diskusikan bersama di kolom komentar.

No comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Sesuai Dengan Topik Pembahasan,Komentar Spam Tidak Akan Muncul Sorry..!!!!

Pages